,

8 Tanda dan Gejala Batu Ginjal yang wajib anda ketahui

oleh
8 Tanda dan Gejala Batu Ginjal yang wajib anda ketahui,pengobatan batu ginjal secara tradisional, cara mengobati batu ginjal, pantangan penyakit batu ginjal, bahaya batu ginjal, batu ginjal pdf, obat alami batu ginjal, gejala batu ginjal pada wanita, ciri ciri batu ginjal keluar,
8 Tanda dan Gejala Batu Ginjal yang wajib anda ketahui

Batu Ginjal

8 Tanda dan Gejala Batu Ginjal yang wajib anda ketahui

Apa itu batu ginjal? Batu ginjal adalah koleksi garam dan mineral yang keras seringkali terdiri dari kalsium atau asam urat. Mereka terbentuk di dalam ginjal dan dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari saluran kemih.

Batu ginjal bervariasi dalam ukuran. Ada yang kecil – sepersekian inci. Orang lain bisa tumbuh beberapa inci. Beberapa batu ginjal bisa menjadi begitu besar sehingga mereka mengambil seluruh ukuran ginjal normal.

Link Banner

Batu ginjal terbentuk saat terlalu banyak mineral tertentu dalam tubuh Anda terakumulasi dalam urin Anda. Bila Anda tidak terhidrasi dengan baik, urin Anda menjadi lebih terkonsentrasi dengan kadar mineral tertentu yang lebih tinggi. Bila kadar mineral lebih tinggi, kemungkinan batu ginjal akan terbentuk.

Sekitar 1 dari setiap 11 orang di sekitar anda akan mendapatkan batu ginjal. Batu lebih sering terjadi pada pria, orang yang mengalami obesitas, dan mereka yang menderita diabetes .

Batu ginjal kecil yang tertinggal di ginjal seringkali tidak menimbulkan gejala apapun. Anda mungkin tidak melihat ada yang tidak beres sampai batu bergerak ke dalam ureter Anda – tabung yang ditempuh urin untuk dibawa dari ginjal ke kandung kemih Anda.

Batu ginjal biasanya sangat menyakitkan. Kebanyakan batu akan melewati sendiri tanpa perawatan. Namun, Anda mungkin memerlukan prosedur untuk memecah atau menghilangkan batu yang tidak dilewati.

Berikut adalah delapan tanda dan gejala bahwa Anda mungkin memiliki batu ginjal .

KRAM, PERUT, ATAU SAKIT pinggang

1. Nyeri di punggung, perut, atau pinggang

Nyeri batu ginjal – juga dikenal sebagai kolik ginjal – adalah salah satu jenis rasa sakit yang paling parah yang bisa dibayangkan . Beberapa orang yang pernah mengalami batu ginjal membandingkan rasa sakitnya dengan persalinan atau tertusuk dengan pisau.

Rasa sakitnya cukup ketat untuk memperhitungkan lebih dari 1 juta kunjungan ke ruang gawat darurat setiap tahun .

Biasanya rasa sakit dimulai saat batu bergerak ke dalam ureter sempit. Hal ini menyebabkan penyumbatan , yang membuat tekanan terbentuk di ginjal.

Tekanan tersebut mengaktifkan serabut saraf yang mengirimkan sinyal nyeri ke otak.

Nyeri batu ginjal sering dimulai secara tiba-tiba. Saat batu bergerak, rasa sakit mengubah lokasi dan intensitasnya.

Rasa sakit sering datang dan terjadi dalam gelombang, yang diperparah oleh ureter saat mereka mencoba mendorong batu keluar. Setiap gelombang bisa berlangsung selama beberapa menit, hilang, dan kemudian kembali lagi.

Anda akan merasakan sakit di sepanjang sisi dan punggung Anda, di bawah tulang rusuk Anda. Ini bisa menyebar ke daerah perut dan selangkangan Anda saat batu bergerak turun melalui saluran kemih Anda.

Batu-batu besar bisa lebih menyakitkan daripada yang kecil, namun keparahan rasa sakit tidak harus berhubungan dengan ukuran batu. Bahkan sedikit batu pun bisa terasa sakit karena bergerak atau menyebabkan penyumbatan.

SAKIT SAAT BUANG AIR KECIL

2. Nyeri atau terbakar saat buang air kecil

Begitu batu mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, Anda akan mulai merasa sakit saat Anda buang air kecil . Dokter Anda mungkin menyebutnya disuria.

Rasa sakit bisa terasa tajam atau terbakar. Jika Anda tidak tahu Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin salah mengira terkena infeksi saluran kemih . Terkadang Anda bisa terkena infeksi bersama batu itu.

 

URIN URGENSI

3. Mendesak perlu pergi ke kamar mandi “istilah jawanya nyang nyangen”

Perlu pergi ke kamar mandi dengan lebih mendesak atau sering daripada biasanya adalah tanda lain bahwa batu itu telah bergerak ke bagian bawah saluran kencing Anda. Anda mungkin menemukan diri Anda berlari ke kamar mandi, atau perlu terus-menerus sepanjang hari dan malam.

Urin urgensi juga bisa meniru gejala infeksi saluran kemih.

DARAH DALAM URIN

4. Darah dalam urin

Darah dalam urin merupakan gejala umum pada orang dengan batu saluran kemih . Gejala ini juga disebut hematuria .

Darah bisa merah, pink, atau coklat. Terkadang sel darah terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop (disebut hematuria mikroskopik), namun dokter Anda bisa menguji gejala ini.

 

BERMINYAK ATAU BERBAU URINE

5. Kencing mendidih atau berbau

Urin yang sehat sudah jelas dan tidak memiliki bau yang kuat. Urin mendidih atau berbau busuk bisa menjadi pertanda adanya infeksi pada ginjal atau bagian lain dari saluran kemih Anda.

Satu studi menemukan bahwa sekitar 8 persen orang dengan batu ginjal akut memiliki infeksi saluran kemih .

Kelembaban adalah tanda pus dalam urin, atau pyuria . Aromanya bisa berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Bau juga bisa berasal dari urine yang lebih pekat dari biasanya.

VOLUME URIN RENDAH

6. Buang air kecil sedikit demi sedikit

Batu ginjal besar kadang terjebak dalam ureter. Penyumbatan ini bisa memperlambat atau menghentikan aliran urine.

Jika Anda mengalami penyumbatan, Anda mungkin hanya sedikit buang air kecil setiap kali Anda pergi. Aliran urin yang berhenti seluruhnya adalah keadaan darurat medis.

MUAL DAN MUNTAH

7. Mual dan muntah

Sudah biasa bagi orang-orang dengan batu ginjal mengalami mual dan muntah .

Gejala ini terjadi karena koneksi saraf bersama antara ginjal dan saluran GI . Batu di ginjal bisa memicu saraf di saluran pencernaan, memicu sakit perut.

Mual dan muntah juga bisa menjadi cara tubuh Anda merespons rasa sakit yang hebat .

DEMAM DAN MENGGIGIL

8. Demam dan menggigil

Demam dan menggigil adalah tanda-tanda bahwa Anda memiliki infeksi di ginjal atau bagian lain dari saluran kemih Anda. Ini bisa menjadi komplikasi serius pada batu ginjal. Ini juga bisa menjadi pertanda adanya masalah serius lainnya selain batu ginjal. Demam apapun dengan rasa sakit membutuhkan perhatian medis yang mendesak.

Demam yang terjadi dengan infeksi biasanya tinggi – 100,4˚F (38˚C) atau lebih. Menggigil atau menggigil sering terjadi bersamaan dengan demam.

Silakan Berbagi jika Informasi Ini Berguna ^ V ^!

Xjodo.com