Sejarah kue lapis legit,kue mewah yang di buat dengan penuh kesabaran

oleh
resep kue lapis legit kukus, kue lapis legit surabaya, cara membuat kue lapis legit sederhana, resep kue lapis legit keju, resep kue lapis susu, resep lapis legit kukus, lapis legit irit telur, resep kue lapis legit kukus, cara membuat lapis kukus, cara membuat lapis legit lampung, cara membuat lapis legit susu, kue lapis legit surabaya,
Sejarah kue lapis legit,kue mewah yang di buat dengan penuh kesabaran

Kue Lapis Legit,kue mewah yang di buat dengan penuh kesabaran

1. Ada sesuatu yang kurang selain ketupat dan opor ayam pada saat lebaran nanti.Apa itu?

Jawabanya yang pasti adalah Kue Lapis Legit.Memang rasanya kurang afdol bila kue yang penuh lapisan ini tidak berada di suasana hari yang penuh keceriaan.

Dibalik kelegitan lapis legit ini,kue yang pada waktu dulu hanya di konsumsi oleh kalangan atas ini,konon menyimpan sebuah kisah perjalanan yang panjang.Ada yang mengatakan Kue Lapis Legit ini berasal dari belanda yang terkenal dengan nama Spekkoek.

Koek

Koek sendiri dalam bahasa belanda adalah kue,sedangkan Spek adalah sebutan untuk lemak babi yang berlapis lapis seperti marmer.Negara imperialis ini sejak lama di kenal sebagai pedagang rempah rempah yang mengambil dari sumbernya langsung di kawasan Indonesia Timur .

Kesenangan orang Eropa terhadap bumbu bumbu penghangat badan ini,akhirnya ikut juga di bubuhkan dalam adonan kuenya.Hingga kini juga sebutan bumbu spekuk adalah bumbu Kue Lapis Legit yang campuranya terdiri dari kayu manis,kapulaga,pala dan cengkih.

Dari kalangan ningrat belanda

Kue ini akhirnya menyebar lewat pedagang pedagang cina,yang pada waktu itu menjadi masyarakat kelas dua yang dekat dengan kaum kolonialis.Dari jawa akhirnya kue ini sampai juga ke masyarakat Melayu di pulau sumatera.

Selain di kedua pulau ini,penyebaran kue lapis ini populer juga hingga di Menado dan Maluku,yang pada waktu itu sudah merupakan daerah basis kegiatan kaum misionaris.Hasil olah mentega susu yang terkenal dari Belanda yang langsung di bawa ke Indonesia,akhirnya semakin mengidentikkan bahwa Kue Lapis Legit adalah dari negara kincir angin.

2.Tiba di Sumatera (Lampung dan Palembang)

Kue ini di adaptasi lagi.

Bahan baku yang sulit di dapat seperti mentega,telur ayam,susu dan tepung terigu tak menyurutkan mereka untuk dapat mencicipi kue ini yang menurut orang keturunan cina adalah kue simbol panjang umur dan keberuntungan,karena lapisan lapisannya yang banyak.Lagi pula,mereka anti dengan sebutan “spek” yang mengganggu itu.

Tidak ada mentega

Mereka menggantinya dengan santan yang di masak hingga berminyak.Untuk telur ayam,diganti dengan telur bebek atau telur ayam kampung yang banyak mereka ternakan.Sedangkan tepung terigu direka reka dengan tepung ketan.Alhasil jadilah kue yang di kenal di masyarakat setempat dengan Kue Engkak.

Keyakinan akan cita rasa.

Walau kata orang kota terutama di jakarta telur bebek lebih amis dari telur ayam negeri,mereka mempunyai keyakinan tersendiri terhadap hasil akhir kue yang di buat.Keunggulanya,bahwa kue lapis yang terbuat dari telur bebek rasanya lebih lezat,berwarna lebih kuning.dan yang terpenting juga karena telur hewan unggas yang di gembalakan itu,putih telurnya lebih kental,maka hasil kuenya lebih lembut dan tidak mudah menggembung saat di panggang.

Keberhasilan

Namun demikian,lambat laun mereka juga telah dapat membuat Kue Lapis Legit mirip dengan aslinya.Kalau resep asli dari orang Belanda atau keturunan Cina,menggunakan adonan jenis adonan bater cake,di Sumatera,kue ini dibuat dari adona bolu.Hanya saja saat dilapis,kue ini di tekan tekan dengan punggung sendok yang telah di basahi dengan mentega cair.

Kue Lapis Legit Kampung

Karena itu,ciri dari “Kue Lapis Legit Kampung” ini terasa lebih basah,dan lapisanya bisa sampai 20 lapis ! Selain kue lapis,dari adonan ini juga di reka reka menjadi kue lain seperti Maksuba yang adonanya tidak perlu di kocok hingga mengembang.Bila yang malas memanggang kue ini dapat juga di kukus hingga terkenal dengan Kue Delapan Jam.Sesuai namanya,kue ini memang di kukus selama 8 jam.Lamanya pengukusan akhirnya mempercepat karamelisasi hingga kue menjadi cokelat.Konon kue ini tercipta tanpa sengaja oleh Mak Zubaidah yang ketiduran hingga kue yang dikukus jadi hampir gosong.

Untuk menyajikan kue ini tidak hanya bahan bahan mewah saja yang di butuhkan.

Kesabaran dan keterampilan mutlak harus di miliki wanita wanita Melayu.Bahkan dari sinilah kita dapat mengukur keterampilan wanita wanita yang pandai membuat Kue Lapis Legit dari cara melihat jumlah lapisan yang banyak,rapi dan tidak bantat (mengendap ).

3.Adaptasi teknologi moderen

Kalau sekarang teknologi memanggang kue ini telah menggunakan oven listrik atau gas yang memiliki perapian atas yang bahkan dapat memanggang hingga empat loyang kue lapis sekaligus,orang asli palembang menggunakan oven dari belanga ditaruh dalam tungku.Didasar belangga atau kendil besar tersebut,diisi abu merang atau pasir sebagai pengantar dan peredam panasnya.

Untuk membuat lapisan kue di atasnya menjadi matang,belangga di tutup dengan lempengan seng yang di beri bara api.

Selain itu dapat di tutup dengan penutup belanga yang terlebih dahulu di bakar hingga panas.Untuk itu di perlukan dua penutub yang di pergunakan secara bergantian saat di bakar dan saat di tutupkan di atas belanga.Tak jarang selama proses lapisan ini mata menjadi merah,baju yang digunakan jadi berbau asap.Bila tidak pandai pandai mengarahkan api sesuai temperatur yang di butuhkan,kue bisa gosong atau malah masih mentah.

Kebiasaan membuat kue ini biasanya di mulai setelah menunaikan sholat subuh dan biasanya suasana semakin terasa semarak menjelang 3 – 4 hari lagi lebaran.

Di saat fajar mulai menyingsing dapur dapur tetangga tampak mulai berisik.Maklum saja mereka mengocok adonan telur masih menggunakan pengocok manual berbentuk sepiral yang terbuat dari kawat yang dililitkan dari sebatang kayu.Di mulai dari mengocok hingga melapis,akan rampung menjelang matahari tenggelam.

Waktu pengolahan.

Bisa di bayangkan berapa jam waktu yang di butuhkan untuk membuat seloyang Kue Lapis Legit yang penuh dengan “cucuran keringat dan air mata” hingga sampai menjadi hidangan yang mewah ! Setiap mencicipi sepotong Kue Lapis Legit,bayangan nostalgia kita seakan muncul kembali di mana suasana kekerabatan di kampung masih terasa.

4.Sejarah Kue Lapis Legit Tak lengkang dengan waktu,variasi baru bermunculan

Perjalanan waktu yang panjang dari sepotong Kue Lapis Legit tak membosankan bagi penggemarnya.

Tapi variasi rasa hingga bentuk mulai mewarnai tren Kue Lapis Legit dekade ini.Kalau dahulu,membuat Kue Lapis Legit masih menggunakan loyang yang terbuat dari kuningan yang tebal,atau cetakan bulat dengan sisinya yang menurun,kini di bakery ternama muncul Kue Lapis Legit dengan gaya yang baru.

Dari adonan satu ini tidak saja di buat menjadi lapisan yang polos saja,

tapi dapat di buat dengan berbagai gaya dengan penampilanya yang menjelimet.Lihat saja,dari potongan Kue Lapis Legit biasa,di susun lagi potongan kue tersebut hingga bentuknya menjadi lapis anyaman.Dari lapis cokelat,potongan kue yang di susun balik itu menjadi lapis tikar atau lapis domino yang sedikit agak lebih besar.Inovasi baru lagi,kue lapis di buat di loyang besar dan datar.Setelah diolesi susu kental manis,akhirnya di gulung.

Biasanya bahan dan upah yang cukup banyak tercurah,

memang akhirnya membuat seloyang Kue Lapis Legit menjadi mahal.Harga yang bervariasi menunjukkan adanya rentangan kualitas.Rata rata di jakarta kue lapis kualitas satu dijual dengan harga Rp 75.000,- – Rp 100.000,- “Pada era masanya kisaran tahun 90 an ”.

Bagaimana dengan masyarakat penghasilan menengah kebawah yang ingin juga merasakan kue mewah ini ?

Tak ada cara lain kecuali menurunkan kualitas.Kalau harga kue pertama tadi ,menghabiskan 30 – 60 butir ayam yang hanya di ambil kuningya saja,untuk seloyang kue lapis yang sama bahkan bisa di buat dengan 5 butir – 15 butir telur saja.Untuk menaikan volume adonan dapat di tambahkan air.Sedangka untuk mengurangi faktor kegagalan adonan yang sensitif sekali bisa menjadi bantat,maka di tambahkanlah Food additve berupa pengemulsi,pelembut hingga pengawet hingga banyak sekali jenisnya di pasaran.Tentu,mentega susu yang mahalpun,diganti dengan margarin yang lebih murah.Jadi ada harga ada rasa !

 

5.Sejarah Kue Lapis Legit Yang mirip dengan kue mancanegara

 

Walau diduga berasal dari belanda,sebenarnya dibeberapa negara eropa,kue yang dilapis lapis tersebut sudah ada.Apalagi hubungan antara raja raja di sekitar negara eropa tersebut saling mempengaruhi satu sama lain.Kalau dari jerman,ada kue yang terkenal dengan Baumkuchen yang sering muncul pada setiap hari natal.Kue ini mirip dengan Kue Lapis Legit kita,tapi lebih tebal dan sedikit lebih pera.Setiap lapisanya terkadang diberi olesan selai.Wujud akhir kue ini bentuknya seperti batang pohon (Baum dalam bahasa jerman adalah pohon).

Lain lagi dengan di negara Honggaria.

Kue lapis nya yang terkenal adalah Dobos Cake.Hanya saja,kue ini di buat dari bolu yang di potong tipis tipis hingga 7 lapis,lalu ditumpuk jadi satu dengan kream rasa moka,dan terahir ditutup dengan siraman karamel yang renyah saat di gigit,sehingga saat di santap akan terasa legit dan lumer di mulut.

Yang terahir yang mungkin juga asalnya,adalah kue dari rusia yang merupakan kue blasteran dari Moskovitch.

Nama ini dapat juga berarti teknik membuat adonan bolu dengancara mencampur kocokan telur dengan serpihan tepung mentega.Kue moskovich ini khas karena setiap lapisanya di beri manisan buah kering seperti ceri,kismis,dan sukade kulit jeruk.Bosan dengan lapisan campuran buah,kini di indonesia di buat juga jue lapis yang di beri buah prun (Prune: Ingris,Pruim : Belanda) dan sekarang malah di terapkan pada kurma.

Bagaimana dengan kue lapis mandarin ?

Mungkin yang bisa di cari jawabanya adalah nama kue yang akhirnya menjadi Lapis Surabaya.Bagi masyarakat ketrunan cina di surabaya,kue yang terdiri 3 lapis dengan warna cokelat di tengahnya ini,adalah kue wajib yang harus muncul  setiap imlek atau sebagai kue sajian.

  • Warna kuning melambangkan kemasan yang berarti rejeki yang datang diharapkan melimpah.
  • Sedangkan warna cokelat yang sebenarnya adalah dari warna merah yang berarti mencerminkan semangat kerja keras yang membaja.

Dua mitos inilah yang di yakini oleh warga keturunan ini.

Tapi untuk soal terkenalnya,kue lapis Surabaya juga ada di Solo.Di kota batik ini,ada pabrik kue Orion yang terkenal kelembutannya.Konon,kue ini terbuat dari kuning telur ayam kampung dan tanpa menggunakan bahan aditif.

Terlepas dari semua itu,

aneka kue lapis tersebut tak dapat di pisahkan dari kegiatan keagamaan besar dan bahkan sudah menjadi hidangan tradisional Indonesia.Xjodo.com

Baca juga :