MENUAI MANFAAT KACANG HIJAU

oleh -384 views
MENUAI MANFAAT KACANG HIJAU,manfaat kacang hijau untuk kesuburan, manfaat kacang hijau bagi ibu hamil, manfaat kacang hijau untuk kecantikan, manfaat kacang hijau untuk diet, manfaat kacang hijau untuk rambut, manfaat kacang hijau untuk pria, manfaat kacang hijau untuk promil, manfaat kacang hijau untuk ibu menyusui,
MENUAI MANFAAT KACANG HIJAU

Manfaat Kacang hijau

MENUAI MANFAAT KACANG HIJAU

Lahan kacang hijau yang kaya zat gizi umumnya memiliki rasa enak dan gurih. Kue-kue semacam  itu cukup mudah didapat, dan kalau buat sendiri pun tidak terlalu sulit. Karena itu tak salah bila kacang hijau banyak dipenggemari masyarakat.

Kacang hijauh atau Phaseolus aur eus Roxburgh (familia Leguminosae) tumbuh hampir diseluruh tempat diwilayah Indonesia. Tanaman yang kaya protein ini sudah lama dibudidayakan di indonesia. Kacang hijau ini diperkirakan berasal dari India, masuk ke Indonesia sekitar abad ke 7. Saat ini, Indonesia merupakan negara penghasil kacang hijau dunia urutan keempat setelah India, Thailand dan Cina.

Tanaman tropis jenis polongan ini memiliki beberapa keistimewaan, dapat tumbuh didarah bercurah hujan cukup rendah, tahan kekeringan, dapadt dipanen pada umur 55-60 hari. Cara budidayanya mudah, dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, dan ralatif tahan serangan hama penyakit.

Peran kacang hijau sebagai penyangga pangan nasional cukup penting,tercermin dari laju peningkatan produksi yang pesat pada dua dasawarsa terakhir ini. Produksi total kacang hijau pada tahun 70-an baru mencapai 50.000 ton. Pada tahun 1987 menjadi 213.000 ton, dan diperkirakan pada tahu 2000 naik menjadi 333.000 ton

Kacang hijau disebut juga mungo,mungbean, gren gram, golden gram, dan mung. Di Indonesia kacang hijau mempunyai beberapa nnama daerah, antara lain: artak (Madura), buwe (Flores, retak-redip (Lampung),kacang wilis (Bali) dan tibawang cadi (Ujung pandang), kacang hejo, kacang herang (Sunda), kacang hijau (Aceh) dan kacang padi (Minangkabau).

Biji kacang hijau berbentuk bulat dan umumnya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya, berwarna hijau kusam atau hijau mengkilat, juga ada yang berwarna kuning, coklat atau hitam.

Manfaat Kacang hijau BAGUS KANDUNGAN GIZINYA

Kandungan protein kacang hijau cukup tinggi, mencapai 20-25 persen, kadar lemaknya 1,0-1,2 persen. Kacang hijau juga merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral penting yang amat diperlukan tubuh

Protin kacang hijau terdiri dari beberapa asam amino.

Seperti  pada kacang-kacangan lainnya, protein kacang hijau hanya sedikit mengandung asam amino sulfur (sistein dan metionin) namun kaya akan lisin.

Kacang hijau mentah mempunyai nilai daya cerna protein antara 76,54 persen sampai 77,34 persen. Daya cerna ini dipengaruhi oleh adanya inhibitor tripsin dan tanin (polipenol). Daya cerna kacang-kacangan umumnya lebih rendah bila dibandingkan dengan protein hewani. Hal ini diduga karena adanya beberapa antinutrisi dan ada protein yang resisten terhadap enzim hidrolitik.

Bidangkan dengan kacang-kacanagan lainnya kacang hijau mengandung sedikit lemak.

Keadaann ini menguntungkan sebab dengan kandungan lemak  yang rendah maka kacang hijau dapat disimpan lebih lama. Disamping itu kacang hijau  aman dikonsumsi bagi yang memiliki berat badan yang berlebih. Sebagian lemak yang ada merupakan asam lemak tidak jenuh sehingga baik untuk kesehatan.  Kelebihan lainnya dari kacang hijau adalah banyak mengandung karoten, vitamin B1,B2 dan niasin. Sedangkan mineral yang banyak terdapat pada kacang hijau adalah kalsium, fosfor dan kalium.

Manfaat Kacang hijau Kacang hijau dapat digunakan sebagai sumber energi karea mengandung  karbohidrat yang tinggi.

Karbohidrat tersusun atas pati, gula dan serat kasar. Pati kacang hijau terdiri dari 28,8 persen amilosa dan 71,2 persen amilopektin. Sedangkan gula yang terdapat pada kacang hijau dalam bentuk sukrosa, fruktosa, rafinosa,stakiosa dan verbakosa. Dilihat dari daya cernanya. Karbohidrat kacang hijau mempunyai daya cerna yang tinggi, yakni mencapai 99,8 persen.

TINGGI NILAI EKONOMINYA

Kacang hijau dapat diolah menjadi banyak jennis bahan pangan yang dibutuhkan untuk Nilai Gizi Kacang Hijau Utuh da yang telah disosoh per 100 gram biji’

KomponenBiji utuh Biji sosoh
Air (g)10,410,1
Protein (g)2424,5
Lemak (g)1,31,2
Serat (g)4,10,8
karbohidrat (g)56,759,9
Energi (kkal)334348
Kalsium (mg)12475
Fosfor (mg)326405
Besi (mg)7,38,5
Karoten (mg)9449
Thiamin (mg)0,470,72
Riboblavin (mg)0,390,15
Niacin (mg)2,12,4

 

Konsumsi sehari-hari. menurut banyaknya pemakaian bahan, urutan olah yang menggunakan kacang hijau dalah sebagai berikut. Kecambah kacang hijau (tauge), makanan bayi, kue-kue dan panganan tradisional seperti onde-onde, kue ku, kue satu, gandasturi , bakpau, minuman sekoteng, tahu, soun, tepung hunkwe, dan untuk sayuran seperti sup.

Rasa yang enak  dan mudah dalam pembuatan atau pengolahannya menjadikan kacang hijau sebagai pilihan dan banyak diminati berbagai kalangan.

Hal ini terbukti dengan  dengan banyaknya olahan dari  kacang hijau yag dijual setiap hari dan tak kurang minat pembelinya. Kini banyak warung-warung kecil atau tenda- tenda yang dipasang sore hari, khusus menjual olahan kacang hijau berupa bubur dengan berbagai variasi ada yang diberi ketan hitam, es susu atau roti.

Tidak hanya itu, banyak juga kue yang menggunakan kacang hijau baik sebagai bahan utama ataupun sebagai tambahan atau isi dari kue seperti kue satu, kue lumpur kacang hijau, kue ku, bakpau, bakpia, onde-onde,roti isi kacang hijau dan lainnya. Kacang hijaupun serig ditemukan dalam minuman khas yanng digunakan bersama-sama dengan bahan lain serti wedang sekoteng, dan wedang angsle. Sub kacag hijau salah satu olahan yang baik untuk kesehatan, karena biasanya dimasak dengan kaldu ayam. Olahan kacang hijau lainnya dapat dijadikan tepung. Tepung kacang hijau digunakan  untuk membuat makan berprotein tinggi melalui suplementasi kedalam bahan pangan lain untuk menambah  kadar proteinnya. Tepung kacang hijau juga sering digunakan sebagai bahan dasar makanan sapihan untuk balita.

Manfaat Kacang hijau Kacang hijau yang dijadikan tepung pati atau dipasaran dikenal sebagai tepung hunkwe ternyata sangat banyak penggunnaanya misalnya untuk pembuatan puding dan berbagai jenis kue.

Fungsi pati kacang hijau sebagai makanan tambahan diantaranya untuk bahan pengental (saus), pengikat (bakso), penstabil (salad dreesing) dan bahan pembentuk tekstur (juli, puding). Faktor yang menyebabkan luasnya penggunaan pati sebagai bahann tambahan atau atau sumber kalori adalah harganya yang murah serta sifatnya yang dapat dimodifikasi.

Di thailand, tujuan  produksi kacang hijau diarahkan untuk ekspor. Selebihnya digunakan untuk bahan pangan atau bahan baku industri, seperti mi, pati, makanan berprotein tinggi dengan harga

Komposisi Asem Amino Esesial Biji Utuh Kacang Hijau

Asam Amino         Kadar (%)
Alanin4,15
Arginin4,44
Histidin4,05
Lisin”7,94
Triptofan1,35
Phenilalanin”7,07
Tyrosin3,86
Methionin”0,84
Serin5,35
Threonin”4,5
Leusin”12,9
Isoleusin”6,95
Valin”8,23
Glysin4,03
propin4,72

 

Murah, makanan suplemen, tauge dan bermacam-macam kue dan makanan untama  yang merupakan makanan khas masyarakat thailand yang terbuat dari kacag hijau. Pati kacang hijauh dibuat mi atau tepung pati, protein isolat dan patinya diekstra, digunakan sebagai makanan ternak.

Manfaat Kacang hijau PUNYA POTENSI DAYA TERAPI

Dibalik berbagai olahan dari kacang hijau terkandung berbagai macam manfaat yag baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut tidak terlepas dari kandungan gizi kacang hijau yang demikian bervariasi.

Kandungan zat gizi yang lengkap dari kacang hijau dapat digunakan untuk membantu mengatasi berbagai penyakit yaitu sebagai obat melawan beri-beri, juga untuk mencegah anemia (kurang darah). Dengan kandungan yang kaya protein kacang hijau juga bersifat sebagai obat urus-urus.

Orang yang lemah atau sehabis sakit dapat dibuatkan sub kacang hijau dengan kaldu ayam. Makanan ini pun sangat baik dikonsumsioleh anak-anak, terutama yang kurang gizi, pusat dan tidak bersemangat. Bagi penderita sakit wasir dan gangguan hati, dianjurkan mengkonsumsi kacang hijau beberapa kali dalam seminggu.

Manfaat Kacang hijau “KECAMBAH”

Kacang hijau terutama yang berjenis kecil dapat dijadikan bahan pangan lain yaitu dengan cara membiarkannya menjadi bercambah. Dari kacang hijau adalah melalui proses perendaman, selanjutnya biji basah yang telah dibuang airnya dibiarkan sampai timbul perkecambahan.

Kecambah-kecambah itu sering kenal sebagai tauge yang merupakan bahan pangan peting yang kaya akan zat gizi. Tauge atau kecambah dapat dimakan menntah sebagai salad atau sandwich. Dinegara-negara asia kecambah dapat digunakan untuk berbagai variasi masakan atau dimakan mentah sebagai lalapan.

Kecambah dapat digunakan sebagai  terapi seperti memperlambat penuaan, anti kanker, mennambah kesuburan, memperlancar pencernaan. Selain itu tauge bersifat alkali sehingga baik untung lambung yang kelebihan asam lambung. Kecambah juga bagus untuk memelihara kecantikan, serperti peremajaan dan penghalusan kulit, mennghilangkan flek-flek hitam dan jerawat pada wajah, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Zat gizi kacang hijau akan mengalami perubahan yang cukup besar setelah menjadi kecambah. Selain itu serat kasar akan meningkat selama perkecambahan. Adapun konsentrasi zat gizi lain umumnya mengalami penurunan karena adanya perendaman misalnya karbohidrat. Kecambah mempunyai kanndungan vitamin E yang berfunngsi sebagai tioksidan.

Anti oksidan ini berguna untuk mencegah proses ketuaan dan menghalangi penyebaran sel kanker. Selain itu vitamin E dalam kecambah dapat pula digunakan untuk meningkatkan kesuburan. Kecambah lebih mudah dicerna dan diserap tubah dibandingkan dengan protein pada kacang hijau. Karena pada kecambah terjadi juga proses fermentasi.

Kecambah kacang hijau yang demikian syarat manfaat, sering juga disebut sebagai sayuran masa depan. Untuk menumbuhkannya tidak diperlukan lahan yang luas, tidak tergantung pada cuaca, tidak ada hama, bebas insektisida, dan paling higienis. Diantara berbagai macam sayuran, kecambah kacang hijau memang yang paling bersih, dan tak kalah pula dengan kandungan nutrisinya.Xjodo.com

 

Baca juga :