, ,

Resep Membat Donat Kentang Yang Enak, Mudah, dan Ekonomis

oleh
resep donat kentang praktis, resep donat kentang sederhana, resep donat kentang spesial, video cara membuat donat kentang, cara membuat donat kentang sederhana dan praktis, resep donat kentang asli, resep donat kentang ncc, donat kentang tanpa telur,
Lezaat Resep Membuat Donat Kentang Yang Enak, Mudah, dan Ekonomis

Donat Kentang Enak

Kalo ngomongin soal donat, pasti sudah tak asing lagi untuk kita.Donat ialah satu makanan atau kue dengan ciri khas berbentuk bulat dan bolong dibagian tengahnya dengan proses pematangan dengan cara digoreng.Salah satu jenis kue ini menjadi favorit atau kesukaan banyak orang,mulai dari kalangan anak2 sampai orang tua.

Namun jangan salah, donat pun bermacam2 rasanya tergantung dari bahan dan proses pembuatannya.Semakin berkualitas bahan yang dipakai dalm proses pembuatannya, maka belum tentu rasa yang dihasilkan menjadi istimewa jika kita tak faham tekhnik pembuatannya.

Salah satu donat yang menjadi favourite saya adalah donat kentang.Dimana donat yang diproses menggunakan campuran kentang dalm komposisi bahan bakunya.Sehingga tekstur donat yang dihasilkan lebih empuk dibandingkan dengan donat yang hanya menggunakan bahan baku tepung saja tanpa kentang.

Nah saya sudah pernah nih obrak abrik resep donat kentang dr satu resep ke resep yang lain.Enak memang, tapi dari setiap resep yang saya ikuti step by step masih saya rasa ada yang kurang.Istilahnya kurang pas ama selera saya..hehehe akhirnya saya mencoba memadu padankan sendiri antara kelebihan dan kekurangan masing2 resep.Dengan prosedur atau cara pembuatan yang memang saya perhatikan betul step by stepnya.Karna sedikit saja ada yang salah pasti rasa pun yang dihasilkan nanti akan berbeda,sekalipun bahan dan takarannya sama.

Alhasil setelah nyoba bikin donat dan pertama kali eksekusi, resep donat perdana versi saya pribadi,ketemulah rasa donat yang pas alias enak, enak dalam artian cocok untuk lidah saya, juga cocok untuk selera orang lain.Nah buat teman2 yang mau bikin donat kentang yang enak, tapi masih bingung caranya gimana, ndak perlu lagi berkecil hati karna saya akan bagi resepnya disini.

“Susah gak ya..kan baru pemula, takut gagal”, hehehe mungkin dibenak kalian uda pada mikir negativ ya.. Please lah kita coba aja dulu segala sesuatu yang mau kita coba, fokus saja pada bahan dan cara membuatnya.Langsung saja kita bongkar apa saja bahannya, dan bagaimana proses pembuatan donat kentang yang enak, berikut resepnya..

Resep Donat Kentang Enak

Bahan :

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi (terigu Cakra)
  • 180 gr kentang yang telah dikukus dan dihaluskan
  • 50 gr gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sachet susu bubuk dancow
  • 1,5 sdt fermipan atau yeast
  • 70 ml air
  • 1/4 sdt garam
  • 40 gr / 1sdm margarin
  • 250 ml minyak sayur untuk menggoreng

Bahan untuk toping atau taburan Donat Kentang Enak :

  • 200 gr gula dingin.Atau sesuai selera seperti buttercream untuk olesan yang kemudian bisa kita tambahkan mesis/keju/kacang, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Donat Kentang Enak :

1. Siapkan baskom atau wadah,

  • campur semua bahan termasuk tepung,
  • kentang,
  • gula,
  • telur,
  • ragi,dan
  • air.Aduk dan uleni hingga tercampur rata.

2. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan

  • garam dan
  • mentega.Uleni kembali hingga kalis (tiada adonan yang menempel pada wadah)

3. Diamkan adonan selama “40 menit” dalam wadah kedap udara, bisa disimpan dalam

  • toples,
  • panci kaca,atau
  • sekedar menutup adonan dalam wadah dengan menggunakan plastik wrap.

4. Setelah 40 menit,kempiskan adonan dengan meninju adonan agar gas dalam adonan yang mengembang keluar.

5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, untuk mendapatkan ukuran donat yang sama bisa menggunakan timbanga.Untuk donat kentang pada resep ini saya membagi adonan menjadi 16-17 bulatan.Letakkan bulatan adonan diatas meja yang sebelumnya telah ditaburi tepung,dengan tujuan agar adonan tidak lengket saat kita ambil kembali.

6. Setelah bulatan adonan selesai, maka diamkan lagi sekitar 30 menit dengan menutupnya menggunakan kain bersih.

7. Setelah kurang lebih 30 menit bulatan adonan akan mengembang sempurna.Kempiskan adonan dengan menekannya menggunakan telapak tangan.Buat lubang ditengahnya menggunakan

  • ujung jari,
  • atau dapat juga menggunakan semacam alat yang ditekan hingga menghasilkan lubang.

8. Panaskan minyak sayur pada wajan dengan menggunakan api cenderung kecil, lalu goreng donat sembari dibolak balik sampai matang agar warna donat cantik (tidak gosong)

9. Setelah digoreng, diamkan donat yang masih panas hingga cenderung hangat jangan sampai dingin, lalu taburi donat dengan gula dingin, gunakan ayakan untuk menaburi donat dengan gula dingin tersebut agar taburan gula dingin merata pada sisi donat.Sajikan donat dalam keadaan hangat.

Lama Donat Kentang bertahan :

Donat kentang ini dapat bertahan hingga 2 hari di suhu ruang ya teman.. Karena donat kentang ini lebih endeus atau enak dinikmati dalam keadaan hangat, maka saya terbiasa menghabiskannya sebagai teman minum teh dikala pagi atau sore hari.Kalo udah menikmati donat ini rasanya lupa sama yang namanya problema hidup, hehehe.. Yang pasti resep ini mudah untuk dikreasikan buat temen2 yang pemula bisa nyobain sendiri dirumah.Resep praktis dan ekonomis..tapi membuahkan hasil donat kentang yang spesial.

Oke selamat mencoba ya..teman, Bila masih gagal, donut worry be happy and trying again 👍

Terima kasih banyak atas waktunya telah membaca artikel saya.. semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk teman2 semuanya.. 🙏 Xjodo.com

Baca juga:

Tentang Penulis: Dian Novita

Gambar Gravatar
note : "my live is about what I'am doing, be my self and always be gratefull" 😇 what do you think about me, its not my problem 😅