,

PILIH PILIH obat mag untuk kelancaran ibadah puasa

oleh
Sakit mag,PILIH PILIH obat mag untuk kelancaran ibadah puasa,pantangan sakit maag, penyebab sakit maag, makanan untuk penyakit maag, ciri ciri sakit maag kambuh, mengobati sakit maag di rumah, kenali gejala sakit maag, gejala sakit maag dan cara mengatasinya, sakit maag cirinya,
PILIH PILIH obat mag untuk kelancaran ibadah puasa

Sakit mag dapat menimpa siapa saja,karenanya harus di antisipasi.Biasakan hidup teratur,tidak setres,dan jangan suka terlambat makan.Kalau ada gejala mag,selekasnya di atasi.Pilih obat mag yang cocok, yang dikunyah, di kemut, cairan atau yang diminum biasa saja. Untuk kelancaran puasa tidak ada salahnya sediakan juga obat sakit mag.

Kalau mag sedang bermasalah,

ada kehidangan makanan seenak apapun pasti tidak tertarik untuk mencoba mencicipinya. Saat musim duren, tak berani untuk menyentuhnya. Mangga yang berlimpah hanya mampu  membayangkan rasanya saja. Pempek dan asinan yang segar, kuatir membuat perut melilit. Demikian pula dengan gudeg kranggan yang gurih dan sejumlah makanan lain yang diyakini oleh sebagian orang dapat memicu masalah lambung, tak berani coba-coba untuk menikmatinya.

Link Banner

Masalah lambung yang oleh masyarakat lebih dikenal sebagai sakit mag, memang sangat banyak penderitanya. Sakit mag tidak mengenal strata sosial tertentu. Penyakit ini dapat menimpa siapa saja, baik kaum terpelajar, kalangan awam, yang kaya, juga yang kurang punya. Anak-anak, remaja maupun dewasa, sama-sama dapat menjadi korbannya. Demikian pula saat datang puasa ramadhan yang seharusnya disambut gembira karena merupakan bulan limpahan pahala, sebagian penderita mag justru ketar-ketir. Mereka khawatir kalau kalau sakit magnya kambuh lagi.

Gangguan lambung tidak hanya dipicu oleh sejumlah makanan yang rasanya kecut,merangsang, atau gurih saja. Keadaan dan suasana pikiran pun dapat ikut mempengaruhi kambuh dan munculnya penyakit ini. Karena itu pula, saat pikiran dilanda kekalutan atau stres, perutpun ikut-ilut merintih. Perih rasanya!

Saking begitu banyaknya yang pernah diganggu sakit mag, penyakit yang satu ini cukup populer dimasyarakat. Tidak hanya nama penyakitnya saja yang dikenal luas, tetapi obatnya pun banyak yang sudah tidak asing lagi dengan namanya. Hanya saja, sakit mag ternyata tidak selalu sama, sehingga obat yang diberikannya pun bisa berbeda-beda pula.

Pencetus sakit lambung

Kalau lambung dilanda masalah, keluhannya tidak hanya sekedar merintih karena terasa perih. Juga,  tidak sekedar nafsu makan menjadi berkurang, tetapi ada efek yang lebih jauh lagi, yakni tergaggunya asupan zat gizi yang sangat diperlukan tubuh.

Saluran cerna berfungsi untuk menyerap zat makanan yang diperlukan tubuh, dan menyisihkan sisanya untuk selekasnya dibuang ke luar tubuh. Dengan bantuan sejumlah enzim pencernaan, bahan makanan yang masuk  ke dalam saluran pencernaan diolah menjadi unsur-unsur yang mudah diserap tubuh. Dengan demikian, jika saluran pencernaan bermasalah, termasuk sakit mag misalnya, maka penyerapan zat gizi pun dapat terpengaruh karenanya.

Sakit mag sebetulnya terjadi karena berbagai sebab,

dan erat hubungannya dengan makanisme proses pencernaan. Kalau organ pencernaan terganggu, akan datang sejumlah keluhan. Misalnya saja sakit perut, perut kembung akibat banyak dibentuk gas atau karena kekurangan enzim, dan sakit ulu hati. Selain itu, sering terjadi pula radang dinding lambung (gastritis) dan tukak lambung atau usus. Kedua masalah terakhir, berhubungan dengan infeksi kuman atau mungkin juga akibat keaadan kelebihan asam lambung. Bila asam lambung berlebihan dikeluarkan tubuh untuk waktu relatif lama, akan menyebabkan iritasi pada dinding lambung. Keadaan itulah yang menyebabkan perasaan perih lambung karena lambat-laun akan menimbulkan radang. Dalam dunia kedokteran, radang lambung adakalanya kambuh secara mendadak (akut gastritis). Terkadang kambuh sesaat setelah minum alkohol atau kopi, mengkomsumsi suatu makanan yang banyak berbumbu dan sukar di cerna, atau makan makanan yang terkontaminasi kuman tertentu.

Obat-obatan juga ada yang membuat perih lambung seperti obat pereda panas yang mengandung asetosal (asam asetilsalisilat) atau obat rematik tertentu. Tanda dan gejala mag yang timbul secara mendadak antara lain perut terasa penuh, mual, dan ingin muntah. Keadaan seperti itu dapat dipicu oleh kondisi yang sedang stres.

Menetralkan kelebihan asam lambung

Obat-obatan untuk menetralkan kelebihan asam lambung atau mengikat asam kadarnya terlalu tinggi disebut antasida. Menurut Profesor Dr Ernst Mutschler, ahli farmakologi Jerman dalam bukunya Arzneimittelwirkungen, antasida digunakan pada kasus kelebihan keasaman lambung dan akibat yang ditimbulkannya seperti rasa perih lambung, radang lambung, dan tukak usus duabelas jari. Dosis tunggal antasida yang dianjurkan Ernst adalah yang mampu menetralkan 50 mmol asam klorida. Namun kata guru besar yang mengajar di Fakultas Biokimia, Farmasi dan Kimia Bahan Makanan di Universitas Johann itu, banyak obat obat antasida yang beredar di pasaran, dosisnya tidak memenuhi persyaratan. Mungkin karena itu pula sebabnya sehingga banyak di keluhkan beberapa obat mag dirasa kurang kemanjurannya. Di sarankan juga, untuk membuat kerja obat satu dan tiga jam setelah makan, serta sebelum tidur.

Secara umum, antasida dapat digolongkan menjadi empat golongan. Yang pertama adalah kelompok zat-zat yang bersifat menetralisir kelebihan sama seperti kasium karbonat, natriumbikarbonat, dan magnesiumoksida. Kelompok kedua adalah  yang memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan (adsorbensia) seperti kaolin, CMC, dan bentonit.

Kelompok ketiga

adalah adsorbensia yang bersifat menetralkan seperti aluminiumhidroksida koloidal, aluminiumfosfat gel, aluminium-magnesiumsilikat, bismut subkarbonat, dan bismut subnitrat. Sedangkan kelompok keempat adalah yang bersifat sebagai perintang reseptor H2, yakni yang ,mampu merintangi keluarnya asam lambung. Selain keempat kelompok tadi, obat mag yang beredar di pasaran sering dikombinasi antara satu dengan lainnya, dan juga dengan senyawa lain untuk meredakan sakit perut yang melilit, mengurangi keluhan kejang lambung., bahkan penenang.

Dilihat dari bentuknya,

obat mag ada yamg berupa tablet, tablet kunyah, dan cairan. Penggunaan obat mag ada yang dianjurkan diminum satu atau setengah jam sebelum makan., diminum pada saat makan, dan diminum sesaat setelah makan. Perbedaan cara mengkonsumsi obat mag seperti itu, antara lain di tentukan oleh kondisi keluhan yang diderita dan jenis obat mag yang digunakan. Untuk obat mag yang dianjurkan diminum dengan cara mengunyahnya atau dikemut-kemut, turuti saja anjuran itu.Karena, dengan cara mengunyahnya atau mengemutnya maka obat itu akan secara hancur dan bekerja. Permukaan partikelnya menjadi lebih luas, dan kemampuan untuk menetralkan asam lambungnya pun menjadi lebih efektif dan cepat.

Obat mag yang berbentuk cairan,

sebelum dituangkan kedalam sendok harus dikocok dulu kuat-kuat agar dosisnya merata. Sebab bila obat tersebut tidak dikocok dengan baik, maka sebagian zat khasiatnya akan tertinggal di dasar botol, sehingga pembagian dosisnya menjadi kurang sempurna. Dengan mengikuti penggunaan obat secara benar, mudah-mudahan sakit mag yang mengganggu  Anda atau keluarga selekasnya dapat di tanggulangi. Bagi kaum muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa, sakit mag juga bukan halangan untuk beribadah. Penderita sakit mag dapat saja menjalankan puasa selama tidak membahayakan kesehatannya. Karena itu, sediakan obat mag yang tepat, ikuti aturan pemakaianya, berbuka dan sahurlah secara benar menurut anjuran agama. Menurut ajaran agama, makan dan minum itu tidak boleh berlebih-lebihan, biasakan secukupnya saja. Makanan dan minuman yang tersedia juga harus yang halalan toyibah, yakni yang halal dan baik. Yang dimaksud dengan baik disini tentu saja baik kandungan gizinya, baik penyajiannya, baik rasanya, dan baik pula untuk kesehatan tubuh Anda.Xjodo.com